Pelatihan Branding Produk bagi Siswa SMK Calon Pelaku UMKM di Kota Tangerang

Enjang Pera Irawan, Muhammad Saifulloh, Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan

Abstract


Data dari Institute for Developments of Economics and Finance (Indef), porsi produk impor yang dijual di e-commerce mencapai 90%. Kondisi ini menciptakan persaingan yang sangat kompetitif. Salah satu kelemahan pelaku bisnis yaitu kurangnya pemahaman akan branding produk. Untuk calon pelaku UMKM perlu diberikan pemahaman dan kompetensi dalam melakukan branding guna meningkatkan nilai jual produk mereka. Pemilihan siswa SMK Budi Mulia Kota Tangerang karena Universitas Mercu Buana telah memiliki kerjasama di bidang kewirausahaan. Melalui pelatihan branding ini, para perserta memperoleh peningkatan pemahaman dan kompetensi branding. Metode pelatihan yang akan dilakukan yaitu dengan pemaparan materi (ceramah), diskusi interaktif, dan simulasi branding yang melibatkan seluruh peserta. Untuk mengukur tolok ukur keberhasilan program ini, siswa mengisi kuesioner singkat yang berisi pertanyaan tentang pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan, serta penilaian hasil simulai branding yang telah dilakukan. Dari hasil kuesioner, peserta pelatihan terlihat memahami pentingnya branding, dan menguasai bagaimana merencanakan branding secara baik.

Keywords


Pelatihan; Branding; Produk UMKM; Siswa SMK; Kota Tangerang

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2014). Building strong brands. Simon and Schuster.

CNN Indonesia. (2019). Indef: 90 Persen Produk Impor Dijual di E-Commerce. Retrieved March 26, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190827105317-92-427923/indef-90-persen-produk-impor-dijual-di-e-commerce

De Chernatony, L. and McDonald, M. (2013). Creating Powerful Brands. Routledge.

Forbes. (2020). 10 Branding Tips To Scale Your Small Business. Retrieved January 26, 2020, from https://www.forbes.com/sites/theyec/2020/09/23/10-branding-tips-to-scale-your-small-business/?sh=3ec3d63849ea)

Kapferer, J. N. (2012). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking (5th ed.). Kogan Page Publishers.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Keller, K. L. (2016). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Pratama, M. A., Pratama, R., & Siregar, S. (2019). The Effect of Consumer-Based Brand Equity and Satisfaction on Loyalty : An Empirical Study Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Konsumen dan Kepuasan terhadap Loyalitas : Sebuah Studi Empiris. Jurnal Economia, 15(02), 275–291.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

swa.co.id. (2021). Trends small business branding di Indonesia masih lemah. Retrieved from https://swa.co.id/swa/trends/small-business-branding-di-indonesia-masih-lemah

Wijaya, S. K. (2020). The impact of branding on small and medium-sized enterprise (SME) performance in Indonesia: The moderating role of social media. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(4).

Yanuar, R., Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., … Rohimah, T. (2022). Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 70–84. https://doi.org/10.29244/pim.4.1.70-84




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id