Penerapan Sistem Pembayaran Electronic Ticketing Kepada Penumpang Kereta Commuter Line Di Stasiun Rangkasbitung

Makmun Makmun, Ishardinata Trimulya Kusuma Wijaya

Abstract


Pada awal tahun 2014 Stasiun Rangkasbitung mengalami modernisasi dengan dibangunnyaelektrifikasi jalur yang nantinya perjalanan Commuter Line dari Tanah Abang sampai StasiunRangkasbitung. Pengoperasian Commuter Line tersebut untuk melayani masyarakat penggunajasa angkutan massal guna mendukung percepatan pembangunan nasional. Alasan StasiunRangkasbitung kini menjadi salah satu stasiun penyedia jasa pelayanan angkutan CommuterLine adalah melihat dari sejarah bahwa Stasiun Rangkasbitungmerupakan salah satu stasiunyangramaidiwilayahDaerahOperasi1Jakarta sekaligussatu-satunyastasiunbesardiProvinsi Banten. Aktivitas masyarakat Banten hingga ribuan penumpang menggunakan keretaapi yang bekerja di Jakarta. Karena itu, pengoperasian Commuter Line sangat diharapkanmasyarakatsebagaipenggunajasaangkutankeretaapi.DimulaiSejak1April2017Pengoperasian Commuter Line Rute Rangkasbitung-Tanah abang dapat dinikmati olehmasyarakatsetempat.Dengan menggantikan moda transportasi kereta api di Stasiun Rangkasbitung tersebutpelayanan sistem pembayaran tiket nya pun berganti menjadi elektronik tiket. Atau biasa disebut sebagai E-tiket, seperti Tiket Harian Berjamin (THB), Kartu Multi Trip (KMT) danKartu Prabayar Bank (Flazz, E-Money dan sebagainya). Maka dari itu Pelayanan transportasimerupakan salah suatu bentuk pelayanan publik yang diberikan pemerintah untuk masyarakat.Semuajenistrasnportasiwajibmemberikanlayananyangprimakepadakonsumennya.Kualitas pelayanan sangat berpengaruh besar terhadap penumpang maka dari itu PT KAImeningkatan pembaruan layanan sesuai dengan tujuan yang tertuang dalam Peraturan MenteriPerhubunganRepublikIndonesiaNomor63Tahun2019TentangStandarPelayananMinimum untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api yang membahas tentang pelayanan tiketdidalam Stasiun.

Keywords


penerapan system; sistem pembayaran; elektronik tike; commuter line

Full Text:

PDF

References


Buku

M.N.Nasution,M.S.Tr.APU (2008). Manajemen Transportasi, Jakarta : Ghalia Indonesia

Siagian, Sondang. P (2008). Metode Penelitian Survey, Jakarta: Erlangga.

Dr.Yeremias.T.Keban,SU,MURP (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu, Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Syafie, Inu Kencana (2010) . Ilmu Administrasi Publik, Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Syafiie, Inu, Kencana. (2011). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia

(SANRI). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syafri, Wirman (2012), Studi Tentang Administrasi Publik, Jakarta : Erlangga

Rahmat (2013). Filsafat Administrasi. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Administrasi, Jakarta : Alfabeta

Ali, Faried. (2015). Teori dan Konsep Administrasi Dari Pemikiran Paradigmatik

Menuju Redefinisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

M.N.Nasution,M.S.Tr.APU (2015). Manajemen Transportasi, Jakarta : Ghalia

Indonesia.

Basuki, Johanes. (2018). Administrasi Publik Telaah Teoritis dan Empiris.

Depok: Rajagrafindo.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Administrasi Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: ALfabeta

Effendi, Usman. (2014). Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan

Implementasinya. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Herlambang, Susatyo. (2013). Pengantar Manajemen Cara Mudah Memahami

Ilmu Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Wijaya, Toni. (2017 : Edisi 2). Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual QFD

dan Kano. Jakarta : Indeks.

Taufiqurokhman. (2014). Kebijakan Publik. Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan

Ilmu Politik Universitas Prof.Dr. Moestopo (Beragama)

Taufiqurokhman. (2009). Mengenal Sumber Daya Manusia. Jakarta : Fakultas

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) Taufiqurokhaman. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan

Publik. Tangerang : UMJ PRESS

Hasibuan, P.S Malayu., (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT.

Bumi Askara

Johanes, B. (2018). Administrasi Publik Teoritis dan Empiris. Depok :

Rajagrafindo

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktis). Jakarta :

PT. Raja Grafindo Persada

Jurnal

Suprobo, Yok. & Ikaputra. 2015. “Pengembangan Bangunan Stasiun Untuk

Meningkatkan Pendapatan Non-Operasi PT. Kereta Api Indonesia

(Persero) (Studi Kasus Pada Stasiun Bogor).” Vol.17, No.03. Fakultas

Teknik Universitas Gajah Mada.

Alhabsyi, Fadhel Abdullah., & Astuti, Endang Siti. 2018. “Kesuksesan

Implementasi E-Ticketing (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia

(Persero) Tentang Business To Customer di Stasiun Kota

Malang).”Vol.63, No.01. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu

Administrasi Univerasitas Brawijaya.

Nissak, Khoirun., Suryono, Agus., & Wachid, Abdul. 2013. “Efektivitas

Pelayanan di Stasiun Kereta Api Kertosono Kabupaten Nganjuk.”

Vol.01, No.03. Jurnal Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Administrasi

Universitas Brawijaya.

Oktaviani, Dinar Rizki., & Lituhayu, Dyah. 2017. “Implementasi Kebijakan

Tranpostasi Umum di Kota Semarang (Studi Kasus Perum DAMRI).”

Vol.06, No.03. Jurnal Of Public Policy and Management Review.

Fakultasi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Hermaniawati, Novialita., & Listyani, Refti Handini. 2015. “Motif Pemanfaatan

Layanan Elektronik Tiket (E-Ticketing) Oleh Pengguna Kereta Api di

Surabaya.”Vol.03, No.03. Jurnal Paradigma. Fakultas Ilmu Sosial UNY.

Al Rasyid, Rio Bagus Firmansyah. 2015. “Kualitas Pelayanan Transportasi

Publik (Studi Deskriptif tentang Kualitas Peayanan Jasa Angkutan

Umum Perum Damri Unit Angkutan Bus Khusus Gresik-Bandara

Juanda).” Vol.03, No.02. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR.

Zulkifli, Fattah., & Syahputra. 2016. “Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di KRL

Commuter Line Jabodetabek Gerbong Khusus Wanita (Studi Pada PT.

KAI Commuter Jabodetabek Rute Bogor-Jakarta Kota).” Vol.03, No.02.

Jurnal E-Proceeding of Management. Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Universitas Telkom.

Saidah, Deslida. 2017. “Kualtas Pelayanan Commuter Line.” Vol.04, No.02.

Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik. Sekolah Tinggi

Manajemen Transportasi Trisakti.

Surniandari, Artika., dan Haryani. 2017. “Pengaruh Penerapan E-Ticketing

Terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Kereta.”

Vol.25, No.01. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. Akademi Manajemen

Informatika dan Komputer BSI Bandung dan Jakarta.

Widiastuti, Andriana. 2016. “Penggunaan Sistem Pembayaran Elektronik Untuk

Pembayaran Transportasi Umum di Jabodetabek: Studi Kasus Pengguna

Electronic Ticketing Transjakarta dan Commuter Line.” Vol.04, No.02.

Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Dokumen

Dephub (1997) dalam buku Departemen Perhubungan Badan Penyelidikan dan

Pelatihan, dengan judul “Pengembangan Sumber Daya Manusia

Transportasi”.

Peraturan Menteri Perhubungan (No.PM 9 Tahun 2011) Tentang Standar

Pelayanan Minimum Untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api.

Peraturan Menteri Perhubungan (No.PM 63 Tahun 2019) Tentang Standar

Pelayanan Minimum Untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.