Analisis Kualitas Pelayanan Publik Perizinan Tenaga Kerja Asing Pada Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia

Gatot Herry Djatmika, Yasef Firmansyah, Susanah Susanah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik perizinan tenaga kerja asing di Direktorat Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing pada Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan dan melukiskan hubungan antara fenomena yang diteliti. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantitifikasi lainnya. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan yaitu untuk memenuhi harapan masyarakat atas pelayanan perizinan untuk tenaga kerja asing, merupakan tantangan tersendiri bagi kelembagaan, dalam memenuhi tugas pokok dan fungsinya. Di mana perlu didukung oleh kualitas sumber daya optimal, dan sarana prasarana. Hal ini lah yang terus dilakukan perbaikan oleh Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing agar lebih baik lagi kedepannya. Para Petugas Pelayanan Perizinan Tenaga Kerja Asing yang ada di Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing tersebut berkomitmen untuk da­pat bekerja dengan cepat dan profesional serta teliti. Apa yang dilakukan para petugas pelayanan perizinan tenaga kerja asing merupakan salah satu pelayanan publik terhadap masyarakat yang membutuhkan perizinan tersebut. Para petugas di Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing bekerja secara professional dan sesuai dengan peraturan Menteri. Oleh karena itu hendaknya para pengguna jasa pelayanan perizinan taat dalam mengikuti peraturan dengan benar dengan memasukkan dokumen yang sebenarnya agar pelayanan perizinan tenaga kerja asing tersebut dapat berjalan lancar, mudah dan tepat sasaran.

Keywords


Pelayanan Publik; Kualitas Pelayanan; Kualitas Pelayanan Publik; Perizinan; Tenaga Kerja Asing

Full Text:

PDF

References


BUKU

Aan, Komariah dan Engkoswara (2010:85) “Administrasi Pendidikan” Bandung: Alfabeta

Achmad, Zein. (2009) “Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship” Jakarta: Mitra Wacana Media.

Akadun, Warsita. (2009:37) “Administrasi Perusahaan Negara”

Amirullah, S.E., M.M (2015) “Pengantar Manajemen” Jakarta: Mitrawacanamedia

Andrian Sutedi. (2010:167). “Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik” Jakarta: Sinar Grafika

Appley A, Lawrence dan Lee, Oey Liang (2010:16) “Pengantar Manajemen”. Jakarta: Salemba Empat

As, Mahmoeddin. (2010). “Melacak Kredit Bermasalah” Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ateng Syafrudin, Perizinan untuk Berbagai Kegiatan, Makalah tidak dipublikasikan, hlm. 1 dikutip dari M. Panca Kurniawan. 2016. Kewenangan Badan Penanaman Modal Dan Perizinan (Bpmp) Kota Bandar Lampung Dalam Mengeluarkan Izin

Danang Sunyoto. (2012). “Dasar-dasar manajemen pemasaran”. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Dr, Hj Mariati Rahman. (2017:3) “Ilmu Administrasi”. Makasar: CV Sah Kencana

G.R Terry (2011:3) “Principles of Management” Jakarta: Sukarna

Harahap, Sofyan Syafri (2009:207) “Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan” Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hasibuan, Malayu S.P (2011:120) “Manajemen Sumber Daya Manusia” Jakarta: Bumi Aksara

Mauludin, Hanif. (2010). “Marketing Research”: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Miftah, Thoha (2014:13) “Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya” Jakarta: Rajagrafindo Persada

Pasolong, Harbani. (2010) “Teori Administrasi Publik”, Bandung: Alfabeta

Pasolong. (2011:3) “Teori Administrasi Publik”

Saryono, (2010) “Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula” Yogyakarta: Mitra Cendekia

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2010:4). “System Analysis and Design in A. Changing World” Boston, MA: Course Technology. Hall, James A

Septi Winarsih, Atik & Ratminto. (2012) “Manajemen Pelayanan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sondang, P Siagian. (2010:14) “Administrasi Pembangunan”. Jakarta: Inu Kencana

Sugiyono (2015:335) “Metode Penelitian Kombinasi (Fix Methods)” Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2009) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung:Alfabeta.EPARIWISATAAN.

Surjadi. (2012). “Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik”. Refika Aditama. Bandung

Tjiptono, Fandy. (2010), “Strategi Pemasaran”, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

JURNAL

Jurnal Online Mahasiswa, Wira Astuti (JOM FISIP Vol.5 Edisi 1 Januari – Juni 2018) “Pelayanan Perizinan Tenaga Kerja Asing Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru”

Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, Vol. 1 No. 1, Februari 2015 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

WEBSITE

https://id.wikipedia.org/wiki/Pelayanan_publik

syams, Rifqi, 2013, Pemanfaatan E-Government dalam Upaya PeningkatanPelayan Publik, https://www.academia.edu/7291558/Anatosi_bib_kel_3,

http://tka-online.kemnaker.go.id/

http://christantyinnov.blogspot.com/2014/10/tujuan-dan-manfaat-pelayanan-prima.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.