IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA DI KABUPATEN ADMINISTRASI KEPULUAN SERIBU

Harry Nenobais

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kebijakan digital marketing untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu melalui tiga unsur terkait (Mazmanias dan Sabatier (1983). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan digital marketing untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu dapat dikatakan belum berajalan secara optimal. Unsur-unsur yang berimplikasi terhadap implementasi kebijakan digital marketing untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, yakni; Pertama, kesulitan teknis dari masalah yang ada ialah belum dirumuskannya aturan dan pedoman serta standar operasional prosedur (SOP). Kedua, banyaknya masyarakat atau calon wisatawan yang belum mengetahui tentang program digital marketing ini. Ketiga, Ketersediaan sumber daya apratur belum memadai. Keempat, Ketersediaan fasilitas belum cukup memadai. Kelima, besarnya alokasi anggaran yang disediakan belum mencukupi. Keenam, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kemajuan teknologi masyarakat serta keterbukaan dan tingkat pendidikan masyarakat masih rendah dan memprihatinkan. Ketujuh, dukungan publik terhadap implementasi kebijakan digital marketing masih belum maksimal.


Keywords


Implementasi Kebijakan; Digital Marketing; Destinasi Wisata

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pemasaran Pariwisata (Tourism Communicatios) Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.

Chaffey, Dave. (2017). Digital Marketing Excellence: Planning, Optiimizing and Integrating Online Marketing. 5th Edition. London: Routledge.

Creswll, John, W. (2016). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunn, William N. (2013). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fiqih, Satria, dkk. (2019). “Implementasi E-Tourism untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Kabupaten Pringsewu.” Kabupaten Pringsewu: Jurnal Kelitbangan, Pengembangan dan Inovasi Iptek.

Hadi Dewanto. (2016). Pengembangan Wisata Bahari di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Melalui Suatu Kajian Berbasis Scenario Planning. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Ida Komala. (2018). Impelementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Kotler, Philip, dkk., (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mahardika, Elok dan Gusti, Gilang (2018). “Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu).” Malang: Jurnal Mahasiswa Unesa.

Mazmanian & Sabatier. (1983). Implementation and Public Policy, London: Scott, Foresman and Company.

Schwab, Klaus. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan. (2009). Creative digital marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Winarno, Budi, (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Van Meter, Donald and Van Horn, Carl E. 1975. “The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work,” Vol.6 No.4, Journal Administration and Society.




DOI: https://doi.org/10.32509/publika.v9i1.4052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Harry Nenobais

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 Indexed by:

   

Recomended Tools:

 



Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: publika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.