Resepsi Politik Perempuan terhadap Program Perempuan Bicara di tvOne
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, M.A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Abdullah, I., Wahyono, S. B., & Persadha, P. D. (2019). Audience culture in the reception of text: Black campaigns on online media during Indonesia's 2014 and 2019 presidential elections. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(1), 493-500.
Anggun, A., & Suryawati, I. (2017). Pemaknaan Perempuan Pemimpin Pada Program Talkshow Mata Najwa “Perempuan Penentu” di Metro Tv (Studi Resepsi Pada Anggota Solidaritas Perempuan di Jakarta). PANTAREI, 1(02). https://doi.org/10.31983/pantarei.v1i02.67.
Aryadillah, A., & Fitriansyah, F. (2022). Strategi Kampanye Politik Anies Baswedan dalam Membangun Citra Politik Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024. Jurnal Public Relations (J-PR), 87-92. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1150.
Baran, S. J. (2014). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Bungin, B. (2018). Komunikasi Politik Pencitraan: The Social Construction of Public Administration (SCoPA). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Briandana, R., & Azmawati, A. A. (2020). New media audience and gender perspective: A reception analysis of millenials interpretation. International Journal of Humanities and Social Sciences Research, 6(1), 58-63. https://doi.org/10.20473/ijhssr.v6i1.2020.58-63.
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Corbin, J. (2014). Basics of Qualitative Research. SAGE Publications.
El Qudsi, M. I., & Syamtar, I. A. (2020). Instagram Dan Komunikasi Politik Generasi Z Dalam Pemilihan Presiden 2019 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pertamina). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 167-185. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.167-185.
Fariastuti, I. (2017). Media Massa Sebagai Penggerak Tumbuhnya Sikap Bela Negara Dikalangan Generasi Muda. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 113-125. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.7.
Fiske, J. (2020). Television Culture. London: Routledge.
Ginasari, W., Pamungkas, Y. R. P., & Sukandar, N. H. T. (2024). Strategi Komunikasi Paslon Prabowo Gibran dalam Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Gen Z dan Milenial dalam Pemilu 2024. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1). https://doi.org/10.23917/determinasi.v2i1.188.
Hernawan, A. P., & Triyono, A. (2023). Discrimination of Women in Film: A Study of Reception Analysis in the Kartini Movie. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 1619-1628.https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/view/4555.
Henry, R. (2012). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: PRENADAMEDIA Group.
Hadriyotopo, H. (2018). Kapita Selekta Media Budaya Komunikasi Visual. Surakarta: ISI Press.
Hall, S., Hobson, D., Lowe, A., & Willis, P. (2012). Budaya, Media dan Bahasa. Yogyakarta. Jayasutra.
Islami, J., & Zitri, I. (2023). Pengaruh Media Massa Terhadap Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 Di Kota Mataram. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 10(1), 93-109. https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.223.
Jayanti, K. D., & Pribadi, F. (2024). Wacana Berpendapat Rocky Gerung dalam Program Perempuan Bicara TvOne: Analisis Wacana Kritis Teun A Van Dijk. Paradigma, 13(1), https://doi.org/10.312.
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Latief, R., Ali, S. A. U., & Ahyar, W. A. (2021). Representasi Politisi Perempuan dalam Episode “Politik Perempuan” di Program Mata Najwa Trans 7. Jurnal Sipakalebbi, 5(1), 69-89. https://doi.org/10.24252/jsipakallebbi.v5i1.21208
Mack, B. L. (2014). Critical Media Studies: An Introduction. UK: Wiley Press.
McQuail, M. D. (2020). McQuail's Media & Mass Communication Theory. London: Sagepublishing.
Mukarom. (2016). Komunikasi Politik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Octania, G. (2019). Pemaknaan Janji Politik Calon Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di kompas TV. Jurnal Komunikasi Efek, 89. https://doi.org/10.32534/jike.v3i1.759.
Oktayusita, S. H., Suparno, B. A., & Rochayanti, C. (2020). Reception Analysis of Millennials Generation to Ads in Social Media. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 125-132. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3696.
Pane, I., & Hsb, M. O. (2024). Politik Dinasti Ancaman terhadap Demokrasi Pancasila. Perfecto: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 13-24. https://doi.org/10.32884/jih.v2i1.1643.
Pujarama, W., & Yustisia, I. R. (2020). Aplikasi Metode Analisis Resepsi untuk Penelitian Gender dan Media: untuk Peneliti Pemula dan Mahasiswa S-1. Universitas Brawijaya Press.
Pembayun, E. C., & Purwaningtyas, M. P. F. (2022). The Issue of Teenage Girl Marriage in Indonesian Films: Analysis of the" Yuni" Film Reception. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 102-112. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i2.5081.
Prabowo, J. W., & Wahid, U. (2018). Pemaknaan Khalayak Terhadap Program Televisi Bertema Politik. PANTAREI, 2(3).
Priandi, R., & Roisah, K. (2019). Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Perempuan dalam Pemilihan Umum di Indonesia. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 106-116. https://doi.org/10.14710/jphi.v1i1.106-116.
Roem, E. R., & Sarmiati, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Akibat Media Instagram bagi Kalangan Mahasiswi di Kota Padang. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 202-210. https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n2.p202-210.2019.
Roem, E. R. Ika, P. P. (2021). Analisis Khalayak Pada Portal Berita Online Di Sumatera Barat (Studi Pada Klikpositif. com, Langgam. id, Covesia. com dan HarianHaluan. com) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas). https://doi.org/10.31506/jrk.v12i1.11372.
Rusianti, S. G. (2022). Peran Perempuan Dalam Komunikasi Politik Partai di Kota Madiun. Journal of Social and Political Science Society, 1(1), 25-36.
Shabrina, A. A., & Sarmini, S. (2023). Konstruksi Sosial Kemandirian Perempuan di Era Globalisasi (Studi Fenomenologi Perempuan Pengemudi Ojek Online di Kota Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(2), 398-412. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p398-412.
Subiakto, H. (2014). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: PRENADAMEDIA.
Sulastri, E., Purnomo, E. P., Setiawan, A., Fathani, A. T., & Oktiawan, C. (2020). Pertarungan Perempuan Dalam Demokrasi Dunia Politik Untuk Mendukung Ketahanan Sosial Politik Di DKI Jakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 308-332. https://doi.org/10.22146/jkn.61152.
Syukur, M., & Ahmad, R. S. (2023). Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan Dalam Wajah Politik Di Indonesia: Gender Discrimination Against Women In The Face Of Politics In Indonesia. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial, 4(2), 165-174. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v4i2.2954.
Wahyono, S. B., Wirasti, M. K., & Ratmono, B. M. (2020). Audience Reception of Hoax Information on Social Media in the Post-Truth Era. Jurnal Komunikasi Indonesia, 9(2), 7. https://doi.org/10.7454/JKI.V9I2.12773.
Widyaningrum, A. Y., Yumarnamto, M., & Prijambodo, V. L. (2020). Analisis Resepsi Remaja Kota Sampit Mengenai Keberagaman di Media. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 51-61. https://doi.org/10.32509/wacana.v19i1.1002.
Widiyaningrum, W. Y. (2020). Partisipasi Politik Kader Perempuan dalam Bidang Politik: Sebuah Kajian Teoritis. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2), 126-142.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v24i1.4600
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2025 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













