Pelatihan Storytelling dalam Iklan Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Sepatu Lukis UTAPESPAINT Malang
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Akan tetapi pada pelaksanaannya masih banyak masalah yang dihadapi oleh UMKM terkait dengan pemasaran. Di era digital semestinya UMKM dapat memanfaatkan berbagai media digital sebagai media berpromosi sehingga dapat meningkatkan daya saing ditengah persaingan usaha yang semakin ketat namun masih banyak kendala yang dialami. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membuat iklan di media sosial dengan storytelling agar UMKM sepatu lukis UTAPESPAINT Malang dapat mengembangkan narasi yang kuat sehingga dapat menyampaikan pesan emosional sebagai bentuk komunikasi kepada konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi awal, penyusunan materi pelatihan, pemberian materi komunikasi pemasaran, dasar periklanan dan praktik langsung pembuatan iklan story telling dan dilanjutkan dengan evaluasi. Dari kegiatan yang dilakukan, menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya komunikasi pemasaran, konsep iklan dengan storytelling, serta bertambahnya kemampuan peserta dalam membuat konten iklan digital dengan story telling di media sosial. Pelatihan ini berimplikasi positif pada UMKM sepatu lukis UTAPESPAINT Malang dan menjadi titik balik penguatan brand image usaha lokal agar lebih kompetitif di pasar digital.
Full Text:
PDFReferences
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3). https://doi.org/10.2307/249008
Fog, K., Budtz, C., & Yakaboylu, B. (2005). Storytelling: Branding in practice. In Storytelling: Branding in Practice. https://doi.org/10.1007/b138635
Hamzah, R. E., Sungkono, N., & Santoso, P. Y. (2022). Pengelolaan Konten Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Usaha Kecil Warga Kampung Anyar, Kabupaten Bogor. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(2). https://doi.org/10.32509/dianmas.v2i2.2497
Haryo Limanseto. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. www.ekon.go.id
Jupriono, Palupi, M. F. T., & Andrianto, N. (2024). Conceptualization of the core (Communication-oriented revitalization enhancement) Perspective as strengthening destination branding in the East Java Mangrove Area. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 9461–9471. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.4025
Kirkpatrick, J. D., & Kirpatrick, W. K. (2016). Kirkpatrick’s Four Levels of Training Evaluation. In KirkPatrick Partners.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit. Springer.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). In Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Managemen (14th, direvi ed.). Prentice Hall.
Mandung, F. (2025). The Influence of Storytelling Techniques in Digital Marketing on Brand Loyalty : A Consumer Psychology Perspective. 5, 66–78.
Patria, L. (2023). Storytelling As a Marketing Communication Strategy for “Primadona-Food” Bekasi. Social Economics and Ecology International Journal (SEEIJ), 6(1), 55–61. https://doi.org/10.21512/seeij.v6i1.9318
Rafique, H., Almagrabi, A. O., Shamim, A., Anwar, F., & Bashir, A. K. (2020). Investigating the Acceptance of Mobile Library Applications with an Extended Technology Acceptance Model (TAM). Computers and Education, 145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103732
Wangsadinata, R., Geraldine, C. N., & Aprilia, A. (2022). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN PERCEIVED BENEFITS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE FOOD PADA MASYARAKAT SURABAYA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2). https://doi.org/10.9744/jmp.7.2.104-114
Zaineldeen, S., Hongbo, L., Koffi, A. L., & Hassan, B. M. A. (2020). Technology acceptance model’ concepts, contribution, limitation, and adoption in education. Universal Journal of Educational Research, 8(11). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081106
Zainuddin. (2024). Pengembangan Utapespaint Malang, Helena Perlu Coba Pemasaran Omnichannel. SuryaMalang. https://suryamalang.tribunnews.com/2024/11/17/pengembangan-utapespaint-malang-helena-perlu-coba-pemasaran-omnichannel.
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5423
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id








