Sosialisasi Dan Edukasi Pasar Modal Syariah Bagi Pengurus Masjid Kementerian/Lembaga Dan BUMN

Airlangga Surya Kusuma, Faizi Faizi, Purwanto Widodo, Jubei Levianto

Abstract


Pasar modal syariah di Indonesia masih relatif kecil meskipun Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim. Salah satu permasalahan yang menghambat perkembangan pasar modal syariah adalah rendahnya pemahaman mengenai pasar modal syariah. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman pasar modal syariah di masyarakat. Agar lebih efektif, pelatihan tersebut sebaiknya ditujukan ke pihak-pihak yang memiliki pengaruh di masyarakat, seperti pengurus masjid. Dengan pelatihan tersebut pemahaman pengurus masjid terkait pasar modal syariah dapat meningkat, dan pengurus masjid dapat meneruskan pemahaman tersebut ke masyarakat luas. Untuk melaksanakan pelatihan tersebut, tim pengabdian UPN Veteran Jakarta selanjutnya bekerja sama dengan Forum Silaturrahim Takmir Masjid Kementerian/Lembaga dan BUMN mengadakan sosialisasi pasar modal syariah bagi pengurus masjid. Metode kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah yang selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah pengurus masjid memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap pasar modal syariah. Selanjutnya diharapkan pengurus masjid dapat meneruskan pengetahuan mengenai pasar modal syariah kepada masyarakat luas sehingga pemahaman mengenai pasar modal syariah di masyarakat juga meningkat.


Full Text:

PDF

References


Abbas, A., Triani, N., Rayyani, W. O., & Muchran, M. (2023). Earnings Growth, Marketability and The Role of Islamic Financial Literacy and inclusion in indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 14(7), 1088–1105.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2024). Agregat Penduduk Berdasarkan Agama. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. https://e-database.kemendagri.go.id/dataset/1203/tabel-data?page=23

Manogari, R. R., & Hamzah, R. E. (2024). Pelatihan Kesiapan Menghadapi Krisis Komunikasi Pada Biro SDM Polda Metro Jaya. Jurnal Pustaka Dianmas, 4(2), 67–74. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Mujiatun, S., Trianto, B., Cahyono, E. F., & Rahmayati. (2023). The Impact of Marketing Communication and Islamic Financial Literacy on Islamic Financial Inclusion and MSMEs Performance: Evidence from Halal Tourism in Indonesia. Sustainability (Switzerland), 15(13). https://doi.org/10.3390/su15139868

Niswatin, Santoso, I. R., Amaliah, T. H., Monoarfa, R., & Hulopi, T. U. K. (2023). Factors and Actors in The Development of Islamic Financial Literacy: Experience from Indonesia. International Journal of Professional Business Review, 8(7), 1–14.

Nurhayati, S., & Wasilah. (2011). Akuntansi Syariah di Indonesia. Salemba Empat.

OJK. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. OJK. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-(SNLIK)-2024.aspx

Pramudya, R. M., & Rahmi, M. (2022). Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 70–87. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4350

Qizam, I., Ardiansyah, M., & Qoyum, A. (2020). Integration of Islamic capital market in ASEAN-5 countries: Preliminary evidence for broader benefits from the post-global financial crisis. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(3), 811–825. https://doi.org/10.1108/JIABR-08-2019-0149

Rahayu, R., Ali, S., Hidayah, R., & Aulia, A. (2024). Examining The Role of Family and Social Factors on Islamic Financial Literacy: Evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing.

Rahmadion, M., Yetty, F., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Persepsi Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah di Jabodetabek. Prosiding BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 158–167.

Rofik, M., Boulanouar, Z., Yuli, S. B. C., & Wardani, D. T. K. (2025). Revisiting the impact of Islamic finance on economic growth: a decomposition analysis using Indonesia as a testing ground. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. https://doi.org/10.1108/IMEFM-06-2024-0288

Rusmiati, E. T. (2023). Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Masjid: Studi Pada Masjid-Masjid di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 3(2), 73–80. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Saifulloh, M., & Putri, C. E. (2024). Peran Komunikasi Dalam Peningkatan Kemampuan Fungsi SDM Polda Metro Jaya. Jurnal Pustaka Dianmas, 4(2), 58–66. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Sari, R. C., Sholihin, M., Cahaya, F. R., Yuniarti, N., Ilyana, S., & Fitriana, E. (2024). Responding to Islamic Finance Anomalies in Indonesia: Sharia Financial Literacy Using Virtual Reality Context. Journal of Islamic Accounting and Business Research.

Sukesi, T. W., Maurizka, I. R., Pratiwi, R. D., Kahar, M. V., Sari, D. A. P., Indriani, N. S., & Santi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Rumah Sehat Dengan Metode Ceramah dan Leaflet di Dusun Modalan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1961

Yusfiarto, R., Nugraha, S. S., Mutmainah, L., Berakon, I., Sunarsih, S., & Nurdany, A. (2023). Examining Islamic capital market adoption from a socio-psychological perspective and Islamic financial literacy. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 14(4), 574–594. https://doi.org/10.1108/JIABR-02-2022-0037




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

      

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id