Peran Ibu Koordinator Kelas dalam Membangun Sekolah Transparan di SDN Serua Indah 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas komunikasi etis dan partisipatif Ibu Koordinator Kelas di SDN Serua Indah 02 Ciputat, Tangerang Selatan, sebagai upaya membangun lingkungan sekolah dasar yang transparan dan bebas pungutan liar (pungli). Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan sosialisasi, para Ibu Koordinator Kelas dibekali pemahaman tentang batas kewenangan, regulasi pendidikan, serta keterampilan komunikasi yang berlandaskan etika dan keterbukaan. Metode pelaksanaan meliputi audiensi dengan pihak sekolah, pelatihan interaktif dengan materi komunikasi etis, simulasi studi kasus, dan evaluasi pre-test serta post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman peserta terhadap prinsip komunikasi yang baik dan regulasi terkait pungli, dari skor rata-rata 56% sebelum pelatihan menjadi 86% setelah pelatihan. Sebanyak 92% peserta menilai program ini sangat relevan dan bermanfaat. Kegiatan ini juga menghasilkan deklarasi bersama untuk menegakkan nilai kejujuran, transparansi, musyawarah, dan keadilan dalam pengelolaan kelas. Kesimpulan, pelatihan komunikasi etis dan partisipatif efektif memperkuat peran Ibu Koordinator Kelas sebagai agen perubahan menuju sekolah yang lebih akuntabel dan bebas pungli.
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, I. S., & Atikah, C. (2023). Partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 203–215.
Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1990). Type of social support and specific stress: Toward a theory of optimal matching. In B. R. Sarason, I. G. Sarason, & G. R. Pierce (Eds.), Social support: An interactional view (pp. 319–366). John Wiley & Sons.
Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (2003). Communicating with strangers: An approach to intercultural communication (4th ed.). McGraw-Hill.
Hakim, A., Syahril, S., & Abun, A. R. (2024). Peran guru dan manajemen partisipasi orang tua dalam pendidikan karakter di SDIT Bandar Lampung. . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–58.
Hasanah, R., & Hidayati, S. (2022). Komunikasi etis dan tekanan sosial dalam komunitas orang tua murid sekolah dasar. Jurnal Komunikasi Sosial Humaniora, 14(2), 114–128.
Indonesia Corruption Watch. (2023). Laporan akhir tahun ICW 2023: Potret korupsi dan tren pungli di sektor pendidikan. .
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. .
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Pungutan Liar di Satuan Pendidikan.
Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). Laporan Nasional Evaluasi Tata Kelola Pendidikan Dasar.
Ndraha, T., & Simanjuntak, P. (2013). Manusia dalam komunikasi sosial: Cinta sebagai fondasi etika interaksi. Graha Humanika.
Nurdin, S., Rosita, D., & Eliana, E. (2022). Partisipasi orang tua dalam memotivasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 2(1), 25–35.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003, July 8). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from Database Peraturan JDIH BPK: Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/43920/Uu-No-20-Tahun-2003.
Ratnawati, S., & Lestari, D. (2022). Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam membangun komunikasi keluarga berbasis etika. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(2), 45–52.
Sumarno, M., & Ningrum, P. R. (2023). Dukungan keluarga dan kesehatan mental: Studi pada komunitas ibu rumah tangga urban. . Jurnal Psikologi Dan Kesejahteraan, 11(2), 101–115.
Tubbs, S. L., & Moss, S. (2008). Human communication: Principles and contexts (11th ed.). McGraw-Hill.
Wafa, R. N., & Muthi, I. (2024). Pengaruh partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran terhadap prestasi akademik siswa sekolah dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 198–209.
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5713
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id









