Sosialisasi Hidup Sehat dan Keterampilan Motorik untuk Anak Usia Dini Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA)
Abstract
Anak jalanan merupakan kelompok rentan yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan kesehatan dasar dan pembelajaran perkembangan anak. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi hidup sehat dan keterampilan motorik halus pada anak usia dini yang bersekolah di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA). Kegiatan dilakukan dengan pendekatan play-based learning yang mengintegrasikan media visual dan praktik langsung untuk menyampaikan materi secara komunikatif dan partisipatif. Materi utama mencakup kebersihan diri, konsumsi makanan bergizi, serta kebiasaan pola hidup sehat sehari-hari. Metode interaktif seperti diskusi kelompok, demonstrasi, dan aktivitas mewarnai kipas kertas digunakan untuk menstimulasi kreativitas, koordinasi tangan, dan konsentrasi anak. Evaluasi dilakukan melalui observasi partisipatif, sesi tanya jawab interaktif, serta pre-test dan post-test guna menilai pemahaman siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep hidup sehat, partisipasi aktif selama kegiatan berlangsung, serta perkembangan keterampilan motorik halus. Program ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan inklusif, serta memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan anak usia dini di komunitas marjinal.
Full Text:
PDFReferences
Daramatasia, W. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER KESEHATAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK (Studi di RA Cahya Hati dan Hidayatul Mubtadi’in Kecamatan Dau Kabupaten Malang). JURNAL ILMIAH KESEHATAN MEDIA HUSADA, 3(2), 123–130.
Harahap, R. A. P., Sinaga, E., Batubara, K., & Siallagan, R. (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA TETAP MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT DALAM MENINGKATKAN SISTEM IMUN. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 6(9), 3774–3780.
Hidayat, A. W., Julia, Oktaviona, N., Nurpadilah, N., Nurwulandari, Novita, R., Ramadhani, P., & Khasanah, U. (2024). SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH TANGGA WILAYAH DESA PASIR GOMBONG. JURNAL MEDIKA MENGABD, 01(01), 22–27.
Kemenkes. (2023). PROFIL KESEHATAN INDONESIA 2023.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media.
Marietta, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(8), 3053–3059.
Martony, O. (2023). STUNTING DI INDONESIA: TANTANGAN DAN SOLUSI DI ERA MODERN. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 1734–1745.
Ningsih, E. L., & Suryowati, E. (2021). SOSIALISASI PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT DI ERA NEW NORMAL DI DESA KERAS. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 526–533.
Pyle, A., Deluca, C., & Danniels, E. (2017). A scoping review of research on play-based pedagogies in kindergarten education. 5(3), 311–351. https://doi.org/10.1002/rev3.3097
Sukarelawan, I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking (Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretes-Posttest).
Taylor, M. E., & Boyer, W. (2020). Play-based learning : Evidence-based research to improve children ’ s learning experiences in the kindergarten classroom Meaghan Elizabeth Taylor and Wanda Boyer Faculty of Education Downloaded from UVicSpace Research & Learning Repository. Early Childhood Education Journal, 48(2019), 127–133.
Udayanti, L. M. (2021). Penggunaan Media Visual “POSTER BERGAMBAR” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Jurnal Lempuhyang, 12(2), 182–191.
Wahjusaputri, S., Ernawati, Wahyuni, Y., & Wahyuni, I. (2024). Penerapan Pendekatan Play-Based Meningkatkan Minat Belajar Siswa Learning dalam. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 112–121. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.489
Zuhdi, M. S. (2021). Intensive Parenting Training Based on Child Protection through the Rapid Rural Appraisal (RRA) method of field study in Blitar Regency. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE, 5(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35723/ajie.v5i1.172
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5735
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id









