Representasi Sosial Pada Politik Identitas Dalam Kampanye Pemilihan Presiden Indonesia: Analisis Sentimen dan Topik
Abstract
Penelitian ini mengkaji representasi sosial dalam konteks politik identitas selama kampanye pemilihan presiden Indonesia 2024, mengambil kasus pada penampilan calon presiden Ganjar Pranowo dalam tayangan azan di televisi. Penelitian dilakukan terhadap 2.756 komentar dari berita tersebut di tiga kanal YouTube media berita terbesar di Indonesia dengan menggunakan metode analisis sentimen dan topik memakai aplikasi RapidMiner dan model klasifikasi Naïve Bayes, serta merujuk pada kerangka Teori Representasi Sosial. Hasil penelitian mencerminkan kompleksitas pandangan masyarakat terhadap pemanfaatan identitas agama dalam kampanye politik. Mayoritas sentimen negatif (61%) merepresentasikan kekhawatiran akan eksploitasi dan komodifikasi identitas agama, dengan dampak yang potensial terhadap stabilitas sosial dan politik. Kekhawatiran ini tampak dalam bentuk polarisasi, trauma, dan perpecahan sosial yang dapat timbul akibat penggunaan identitas agama dalam politik. Meskipun sentimen negatif mendominasi, penelitian ini juga menemukan representasi sosial positif (23%) yang mengakui usaha calon presiden dalam mempromosikan nilai-nilai positif dan kebaikan dari identitas agama. Selain itu, pandangan netral (16%) juga diungkap, mencerminkan pemahaman dan pertimbangan rasional masyarakat terhadap politik identitas. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika kompleks politik identitas dalam masyarakat Indonesia, mengedepankan pemahaman terhadap sentimen, representasi sosial, dan pandangan yang bervariasi dalam konteks politik Indonesia saat ini.
Full Text:
PDFReferences
Aarts, K., & Semetko, H. (2003). The Divided Electorate: Media Use and Political Involvement. Journal of Politics, 65, 759–784. https://doi.org/10.1111/1468-2508.00211
Alpino, O. R. (2023). Tayangan Azan Ganjar Picu Kontroversi, Siapa Yang Untung? - Akurat. Retrieved October 24, 2023, from akurat.co website: https://www.akurat.co/nasional/1302954556/tayangan-azan-ganjar-picu-kontroversi-siapa-yang-untung
Anspach, R. R. (1979). From stigma to identity politics: Political activism among the physically disabled and former mental patients. Social Science & Medicine. Part A: Medical Psychology & Medical Sociology, 13, 765–773. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0271-7123(79)90123-8
Astuti, D., Agustang, A., & Idrus, I. I. (2023). POLITIK IDENTITAS DALAM KONTROVERSI ISU DI INDONESIA. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(6), 1769–1778.
Bielski Boris, M., & Bruno, R. (2009). “Not Ready to Make Nice”: The Politics of Identity and Why Union Voters Wanted a Class Champion in 2008. Labor Studies Journal, 35(1), 94–115. https://doi.org/10.1177/0160449X09355581
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
CNN. (2023). Ganjar soal Siaran Azan: Saya Tak Punya Sejarah Politik Identitas. Retrieved October 24, 2023, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230919192648-617-1001122/ganjar-soal-siaran-azan-saya-tak-punya-sejarah-politik-identitas
Detik. (2023). Muncul Kontroversi Ganjar Tampil di Tayangan Azan TV. Retrieved October 24, 2023, from https://news.detik.com/pemilu/d-6922887/muncul-kontroversi-ganjar-tampil-di-tayangan-azan-tv
Fahrudin, D. (2013). Konglomerasi Media: Studi Ekonomi Politik Terhadap Media Group. Jurnal Visi Komunikasi, 12(1), 82–97. https://doi.org/10.22441/jvk.v12i1.372
Fresky, M. A. (2023). Hasrat Politik dan Eufemisme Kampanye Terselubung. Retrieved October 24, 2023, from Detik.com website: https://news.detik.com/kolom/d-6952955/hasrat-politik-dan-eufemisme-kampanye-terselubung
Hayat, N., & Nurhakki, N. (2022). Religion Identity And Political Polarization: How Does Labeling Make It Worst? Palita: Journal of Social Religion Research, 7(1), 51–66.
Herdiansah, A. G., Husin, L. H., & Hendra, H. (2018). Religious Identity Politics on Social Media in Indonesia: A Discursive Analysis on Islamic Civil Societies. Jurnal Studi Pemerintahan, 9(2). https://doi.org/10.18196/jgp.2018.0186.187-222
Herman, E. S., & Chomsky, N. (2011). Manufacturing Consent: The Political Economy of the Mass Media. Knopf Doubleday Publishing Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=18IWX4hxHNUC
Hermawan, H. (2024). Peran Komunikasi dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu. In Jurnal Pustaka Dianmas (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i1.4340
Horowitz, J. (2019). Ethnicity and the Swing Vote in Africa’s Emerging Democracies: Evidence from Kenya. British Journal of Political Science, 49(3), 901–921. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/S0007123417000011
Howarth, C. (2006). How Social Representations of Attitudes Have Informed Attitude Theories: The Consensual and the Reified. Theory & Psychology, 16(5), 691–714. https://doi.org/10.1177/0959354306067443
Kompas.com. (2023). Ganjar muncul di video azan televisi picu polemik - Apa dan mengapa kampanye politik identitas digunakan? - BBC News Indonesia. Retrieved October 24, 2023, from https://www.bbc.com/indonesia/articles/cd1mmn3e31yo
KPU. (2022). Portal Publikasi Pemilu dan Pemilihan. Retrieved October 24, 2023, from https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu
Kumparan. (2023). Muncul Ganjar Pranowo di Tayangan Azan TV, PDIP: Ganjar Kan Sosok Religius. Retrieved September 22, 2023, from https://www.youtube.com/watch?v=Br-ued3m8Ac&ab_channel=kumparan
McConahay, J. B. (1986). Modern racism, ambivalence, and the Modern Racism Scale. In Prejudice, discrimination, and racism. (pp. 91–125). San Diego, CA, US: Academic Press.
MetroTVNews. (2023). Heboh! Ganjar Eksis di Azan TV, Kampanye Terselubung? Retrieved September 22, 2023, from YouTube.MetroTVNews.https://www.youtube.com/watch?v=hObPPHxtiFU&ab_channel=METROTV
Moscovici, S. (1988). Notes towards a description of social representations. European Journal of Social Psychology, 18(3), 211–250. https://doi.org/10.1002/ejsp.2420180303
Moscovici, S. (2000). Social Representations. Explorations in Social Psychology.
Nashrullah, J. (2023). Polarisasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Indonesia Dalam Kajian Sosiologi Hukum. Realism: Law Review, 1(2), 20–38.
Nasution, A. D. (2023). Kontroversi Video Azan Ganjar Meluas, PDIP dan KPI Silang Pendapat - Nasional Katadata.co.id. Retrieved October 24, 2023, from Katadata website: https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/64ffae4285240/kontroversi-video-azan-ganjar-meluas-pdip-dan-kpi-silang-pendapat
Pribadi, Y. (2021). Kebangkitan Konservatisme Islam: Politik Identitas dan Potret Demokrasi di Indonesia. Studia Islamika, 28(2).
Purwaramdhona, A. B. (2023). Ramai Soal Video Ganjar Azan Magrib di Stasiun Televisi, Bagaimana Defenisi Politik Identitas? - Nasional Tempo.co. Retrieved October 24, 2023, from Tempo.com website: https://nasional.tempo.co/read/1770772/ramai-soal-video-ganjar-azan-magrib-di-stasiun-televisi-bagaimana-defenisi-politik-identitas
Reuters Institute. (2022). Digital News Report 2022. Retrieved September 22, 2023, from Reuters website: https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2022
Sawitri, M. Y., & Wiratmaja, I. N. (2021). On the Brink of Post-Democracy: Indonesia’s Identity Politics in the Post-Truth Era. Politicka Misao, 58(2), 141–159. https://doi.org/https://doi.org/10.20901/pm.58.2.06
Sidanius, J., & Pratto, F. (1999). Social dominance: An intergroup theory of social hierarchy and oppression. In Social dominance: An intergroup theory of social hierarchy and oppression. New York, NY, US: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139175043
Simanihuruk, M., & Sitorus, H. (2019). The fires of identity politics: North Sumatra gubernatorial election of 2018. IOP Conference Series. Earth and Environmental Science, 374(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1755-1315/374/1/012028
Struhl, S. M. (2015). Practical Text Analytics: Interpreting Text and Unstructured Data for Business Intelligence. Kogan Page. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=MdUUrgEACAAJ
Syarwi, P. (2022). Polarisasi Isu, Politik Identitias dan Keterbelahan Publik pada Pemilu Presiden Tahun 2019. Communitarian: Jurnal Prodi Ilmu Politik, 4(1).
Tajfel, H., & Turner, J. (1979). „An integrative theory of inter-group conflict “, Austin, W.─ S. The Social Psychology of Inter-Group Relations. Monterey, CA: Brooks/Cole.
Toloh, P. W. Y., & Takalamingan, M. (2023). PERAN PARTAI POLITIK MENGATASI POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILU. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4(2), 251–273. https://doi.org/10.46874/TKP.V4I2.736
TVOneNews. (2023). Heboh Ganjar di Tayangan Azan, Politik Identitas jadi Gunjingan | Catatan Demokrasi tvOne. Retrieved September 22, 2023, from Heboh Ganjar di Tayangan Azan, Politik Identitas jadi Gunjingan | Catatan Demokrasi tvOne
Zhang, H. (2024). The Optimality of Naive Bayes. Retrieved from www.aaai.org
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5498
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id








