Remaja dan Anonimitas di Dunia Maya: Mencegah Cyberbullying Melalui Literasi Digital
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan oleh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang dengan tujuan meningkatkan literasi digital dan etika penggunaan media sosial di kalangan remaja. Kegiatan yang bertempat di SMA Terpadu Baitul Hikmah, Depok, ini menjadi respons atas maraknya fenomena cyberbullying yang dimediasi oleh akun anonim. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi interaktif, serta studi kasus yang disajikan melalui presentasi digital dan tayangan video untuk menggugah kesadaran peserta. Materi yang disampaikan mencakup pemahaman tentang karakteristik media sosial, konsep anonimitas, dampak negatif cyberbullying, dan pentingnya penggunaan media sosial secara cerdas serta bertanggung jawab. Melalui penyuluhan ini, diharapkan para peserta tidak hanya memahami konsekuensi dari perilaku daring yang tidak etis, tetapi juga mampu mencegah terjadinya cyberbullying dalam aktivitas online mereka. Kegiatan ini juga mengupayakan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk mendukung terciptanya lingkungan digital yang aman dan sehat bagi perkembangan remaja. Hasil pengabdian diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan program literasi digital di tingkat sekolah sebagai upaya menumbuhkan budaya bermedia sosial yang positif.
Full Text:
PDFReferences
Amry, H., & Pratama, M. (2021). Pengaruh Anonimitas Terhadap Cyberbullying Pada Penggemar K-Pop Twitter. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 262–270. https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.262-270
Barlett, C. P., Gentile, D. A., & Chew, C. (2016). Predicting Cyberbullying from Anonymity. Psychology of Popular Media Culture, 5(2), 171–180. https://doi.org/10.1037/ppm0000055
Belshaw, D. A. J. (2011). What is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation [Thesis, Durham University]. https://dougbelshaw.com/doug-belshaw-edd-thesis-final.pdf
Chairunnisa. (2018). Pengaruh Kesadaran Diri dan Anonimitas terhadap Keterbukaan Diri Pengguna Media Social [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/46119/1/CHAIRUNNISA-FPSI.pdf
Donat, M., Rüprich, C., Gallschütz, C., & Dalbert, C. (2020). Unjust Behavior in The Digital Space: The Relation Between Cyber-Bullying and Justice Beliefs and Experiences. Social Psychology of Education, 23(1), 101–123. https://doi.org/10.1007/s11218-019-09530-5
Esfandari, D. A., Malau, R. M. U., & Rochimah, H. A. I. N. (2023). Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Sikap Bijak Pada Remaja Dalam Beropini Secara Daring. Proceeding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–8. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2125
Fasya, D. P. F., & Na’imah, T. (2021). Systematical Review: Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. PSIMPHONI: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v2i1.8118
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272–278. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679
Gilster, P. (1997). Digital Literacy (1 ed.). Wiley Computer Publishing. https://books.google.co.id/books/about/Digital_literacy.html?id=awkoAQAAMAAJ&redir_esc=y
Hamzah, R. E., Sungkono, N., & Santoso, P. Y. (2022). Pengelolaan Konten Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Usaha Kecil Warga Kampung Anyar, Kabupaten Bogor. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.32509/dianmas.v2i2.2497
Hidayah, A. N., Kartini, I. A., & Susanti, R. (2021). Aspek Hukum Cyberbullying Di Kalangan Remaja Dalam Perspektif Undang-undang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Community Services and Social Work Bulletin, 1(2), 53–60. https://doi.org/10.31000/cswb.v1i2.5866
Khoerunnisa, L., Anwar, R. K., & Khadijah, U. L. S. (2021). Literasi Internet Solusi Atasi Budaya Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 9(2), 24–29. https://doi.org/10.24036/113165-0934
Kholid, & Darmawan, D. (2023). The Influence Of Digital Literacy And Learning Media Utilization On Student Learning Motivation. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 393–403. https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah
Langos, C. (2012). Cyberbullying: The Challenge to Define. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 15(6), 285–289. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0588
Lee, H., Choi, J., & Kim, K. K. (2013, Juni 18). Impact of Anonymity (Unlinkability, Pseudonymity, Unobservability) on Information Sharing. Pacific Asia Conference on Information Systems, PACIS 2013. https://yonsei.elsevierpure.com/en/publications/impact-of-anonymity-unlinkability-pseudonymity-unobservability-on
Lee, S.-H. (2014). Digital Literacy Education for the Development of Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 5(3), 29–43. https://doi.org/10.4018/ijdldc.2014070103
Lim, S., & Pernando, Y. (2025). Systematic Literature Review Optimalimasi Literasi Digital Untuk Efisiensi Penanggulangan Cyberbullying. J-Com (Journal of Computer), 5(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/j-com.v5i1.3571
Mahdi, M. I. (2022, Februari 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Maulana, M. (2015). Definisi, Manfaat dan Elemen Penting Literasi Digital. Dalam www.muradmaulana.com (hlm. 1–12). Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). https://www.academia.edu/download/41794888/Definisi__Manfaat_dan_Elemen_Penting_Literasi_Digital.pdf
Meilinda, N. (2018). Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jsm.v2n1.p53-64
Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Understanding The Effect Of E-learning On Individual Performance: The Role Of Digital Literacy. Computers & Education, 82, 11–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025
Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Oktariani, & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Oktaviyani, E. D., Lestari, A., & Licantik. (2021). Membangun Literasi Digital Bagi Warga Desa Hurung, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.386
Profil & Data Sekolah SMA Terpadu Baitul Hikmah, Kota Depok, Jawa Barat. (2025, April 29). daftarsekolah.net. https://daftarsekolah.net/
Rahmi, S., Oruh, S., & Agustang, A. (2024). Cyberbullying di Kalangan Remaja Pada Perkembangan Teknologi Abad 21. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 10(3), 101–106. https://doi.org/https://doi.org/10.56015/gjikplp.v10i3.155
Rizal, C. (2022). Pengertian Literasi Digital. Dalam A. Yanto (Ed.), Literasi Digital (1 ed., Vol. 1, hlm. 1–10). Global Eksekutif Teknologi. https://repository.upy.ac.id/4197/1/LITERASI-DIGITAL.pdf
Rusyidi, B. (2020). Memahami Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29118
Scott, C. R. (1998). To Reveal or Not to Reveal: A Theoretical Model of Anonymous Communication. Communication Theory, 8(4), 381–407. https://doi.org/10.1111/j.1468-2885.1998.tb00226.x
Tokunaga, R. S. (2010). Following You Home From School: A Critical Review And Synthesis Of Research On Cyberbullying Victimization. Computers in Human Behavior, 26(3), 277–287. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.11.014
Wallace, K. A. (1999). Anonymity. Ethics and Information Technology, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.1023/A:1010066509278
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET: Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5562
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id








