Edukasi dan Pelatihan Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada guru-guru Sekolah Dasar mengenai pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran interaktif. Di era digital saat ini, teknologi AR memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik proses belajar-mengajar, khususnya dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak dan kompleks. Sasaran kegiatan adalah para pendidik di tingkat Sekolah Dasar yang belum familiar atau belum memanfaatkan AR dalam kegiatan belajar-mengajar mereka. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyampaian materi melalui seminar, demonstrasi langsung penggunaan aplikasi AR, serta praktik langsung pembuatan media pembelajaran berbasis AR menggunakan perangkat mobile dan platform gratis yang mudah diakses. Kegiatan dilaksanakan di SDN 0100462, dengan partisipasi aktif dari guru kelas dan guru mata pelajaran. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa para peserta mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan AR ke dalam pembelajaran. Evaluasi melalui pre-test dan post-test serta kuesioner kepuasan peserta menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan minat terhadap implementasi teknologi AR di kelas. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam transformasi digital pembelajaran di Sekolah Dasar dan memicu inovasi berkelanjutan dalam metode pengajaran.
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, Y. D., Suwandayani, B. I., & Kuncahyono, K. (2025). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Augmented Reality di Era Digital pada Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.37329/CETTA.V8I1.3844
Ariando, A. P., Atmaja, P. W., & Aditiawan, F. P. (2025). Pengembangan Gim Edukasi Sebagai Media Pelatihan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Berbasis Augmented Reality Dan Escape Room. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(3), 4202–4210. https://doi.org/10.36040/JATI.V9I3.13590
Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. BARIK, 4(1), 37–51. https://doi.org/10.26740/JDKV.V4I1.48250
Ginting, S.H.N., Singh, B., & Zhang, J. (2025). Development of Augmented Reality Based Learning Media to Introduce Computer Components to students in Senior High School. International Journal of Educational Insights and Innovations, 2(1), 8–13. https://ijedins.technolabs.co.id/index.php/ijedins/article/view/7
Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340. https://doi.org/10.29407/JSP.V7I1.694
Lestari, N. I., Fernandes, G. R., Lina, I. M., Juwairiah, J., & Sitorus, N. (2025). EduAR: Workshop Media Pembelajaran Augmented Reality Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–131. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/51
Maulana, I., Setiawan, H. R., & Umisara, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan berbantuan platform Assemblr Edu. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 5(01), 30–36. https://doi.org/10.46772/JAMU.V5I01.1650
Puspita Sari, A., Rudianto, B., Nasution, R., Aldi Prasetya, M., & Responden, C. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Augmented Reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10–17.https://doi.org/10.31000/JIKA.V6I1.5155
Ridwan, R., Bahri, S., Palupi, T. N., Susanty, Y., & Martono, S. M. (2024). Pendampingan Implementasi Pendidikan Inklusif bagi Guru dan Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar untuk Menyikapi Diversitas Siswa. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 58–63. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/24
Sahronih, S., Suryono, T., Maemuna, S., & Hasanah, D. (2023). Integrasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 619–629. https://doi.org/10.37478/JPM.V4I4.3230
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2023). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/HELLOWORLD.V1I4.142
Setiawati, T. (2022). Edukasi Aman Berinternet Bagi Remaja Sekolah Menengah Pertama Secara Daring. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.32509/DIANMAS.V2I1.1573
Tumaloto, E. H., Ilham, A., Rizki, O. B., Datau, S., Studi, P., Jasmani, P., Olahraga, F., Kesehatan, D., Gorontalo, U. N., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Bengkulu, U. (2024). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Augmented Reality. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 128–134. https://doi.org/10.37905/LJPMT.V3I2.26862
Umisara, E., Riono, S. B., Antika, T. L., Toha, M., Ulin, S., & Hidayah, N. (2024). Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 125–130. https://doi.org/10.46772/JAMU.V4I02.1471
Widarini, D. A., Kusuma, E. S., & Antiey, M. N. (2024). Strategi Komunikasi Digital dalam Penyebaran Informasi GEDSI. Jurnal Pustaka Dianmas, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.32509/DIANMAS.V4I2.4997
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5571
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id








